Manfaat Fanpage Facebook

Erwan Setiawan 4 2:29:00 PM
Sudah sekian banyak orang menggunakan akun sosial Facebook untuk berbisnis, bahkan sebelum Facebook itu sendiri menciptakan fitur fanpage. Para penjual membuat akun Facebook tersendiri dengan mengatas namakan merek dagangnya.

Namun, Sejak fitur fanpage Facebook dibuat banyak penjual kemudian lebih memilih untuk membuat fanpage merek dagangnya daripada membuat akun facebook mereka untuk merk dagangnya. Para pengguna Facebook pun hanya tinggal nge-like fanpage tersebut, tanpa perlu berteman dengan akun merek dagang tersebut.

Konsultan media sosial Stephanie Frasco mengatakan, sedikitnya ada 7 keuntungan yang diperoleh penjual jika menggunakan fanpage di Facebook untuk berbisnis.


Jumlah fans yang tidak terbatas.

Dengan membuat fanpage merek bisnis, penjual bisa memperoleh jumlah fans sebanyak-banyaknya, tanpa batasan. Lain halnya jika penjual membuat akun Facebook untuk berbisnis. Satu akun maksimal hanya bisa berteman dengan 5.000 orang.


Memisahkan konten bisnis dan konten personal.

Banyak penjual yang tidak mau repot membuat fanpage dagangnya, sehingga mencampuradukkan informasi produk dalam akun Facebook personal yang dimilikinya. Fanpage membuat penjual memisahkan antara konten untuk berbisnis dan konten kehidupan pribadinya.


Terindeks search engine.

Fanpage Facebook sudah terindeks atau terdaftar dalam search engine. Oleh karena itu, merek bisnis yang memiliki fanpage akan lebih mudah ditemukan dalam search engine oleh buyer.


Siapapun bisa men-tag.

Dengan membuat fanpage, semua pengguna Facebook bisa men-tag merek bisnis milik penjual. Hal ini tidak bisa dilakukan jika penjual menggunakan akun Facebook. Hanya orang-orang yang berteman dengan akun itulah yang bisa men-tag merek bisnis penjual.


Kesan profesional.

Penjual yang memiliki fanpage akan menimbulkan kesan profesional, ketimbang penjual yang menggunakan akun untuk berbisnis. Banyak pengguna Facebook yang malas berteman dengan akun merek bisnis. Maka dari itu, penjual lebih baik membuat fanpage daripada akun untuk dagangnya.


Tampil di newsfeed milik buyer.

Semua posting yang dilakukan penjual melalui fanpage akan muncul dalam newsfeed. Buyer hanya perlu nge-like sebuah fanpage dan untuk seterusnya, ia akan mendapatkan up-date setiap posting yang dilakukan penjual melalui fanpage-nya. Inilah yang disebut dengan newsfeed marketing, yaitu pemasaran produk penjual melalui newsfeed milik buyer.


Fitur check-in.

Pengguna Facebook bisa men-tag merek bisnis yang memiliki fanpage, saat mereka hendak check-in di lokasi tertentu. Hal ini tidak bisa dilakukan jika penjual menggunakan akun Facebook untuk merek dagangnya.


Namun tidak hanya penjual online yang menggunakan fanpage sebagai sarana informasi. Saat ini, banyak sekali para marketer menggunakan salah satu feature facebook yang disebut fan page. Fanpage ini dirasa memiliki manfaat yang lebih ketimbang hanya dalam bentuk profile account. Ada beberapa keuntungan feature fan page facebook :

Pertama, Tingkat visibilitas yang lebih besar dan terkoneksi ke pasar potensial yang juga jauh lebih besar. Jika kita hanya menggunakan akun facebook, kita hanya maksimum 5000 orang pertemanan, namun dengan satu fan page facebook kita bisa menjaring koneksi tak terbatas. Ratusan ribu bahkan jutaan.

Kedua, Mendatangkan traffik ke blog atau website. Setiap kita posting di blog atau web, kita bisa secara otomatis auto post juga ke fan page facebook kita, sehingga peluang traffik kunjungan dari follower atau liker fan page jauh lebih besar.

Ketiga, Membina tali silaturahmi relasi. Setiap update di blog atau web, infonya akan lebih cepat sampe ke klien atau konsumen kita. Ini memungkinkan terjadinya reorder atau repeatation pembelian karena kita selalu keep in touch dengan mereka.

Nah, apapun profesi kita..
Jika berhubungan dengan dunia maya, maka fanpage ini tidak bisa untuk tidak di miliki. Tapi jangan salah ya...

karena di Facebook juga ada Facbook group. Mau tahu apa perbedaan Facebook fanpage dengan facebook group. Coba lihat pada Perbedaan Facebook fanpage dengan Facebook Group.

4 komentar

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

Sponsor Blog Ini

Info Event Terbaru

Google+ Followers