Manfaat Fanpage Facebook
Sudah sekian banyak orang menggunakan akun sosial
Facebook untuk berbisnis, bahkan sebelum Facebook itu sendiri menciptakan fitur
fanpage. Para penjual membuat akun Facebook tersendiri dengan
mengatas namakan merek dagangnya.
Namun, Sejak fitur fanpage Facebook dibuat
banyak penjual kemudian lebih memilih untuk membuat fanpage merek
dagangnya daripada membuat akun facebook mereka untuk merk dagangnya. Para
pengguna Facebook pun hanya tinggal nge-like fanpage tersebut,
tanpa perlu berteman dengan akun merek dagang tersebut.
Konsultan media sosial Stephanie Frasco mengatakan, sedikitnya ada 7 keuntungan yang diperoleh penjual jika menggunakan fanpage di Facebook untuk berbisnis.
Jumlah fans yang tidak terbatas.
Dengan membuat fanpage merek bisnis, penjual
bisa memperoleh jumlah fans sebanyak-banyaknya, tanpa batasan. Lain halnya
jika penjual membuat akun Facebook untuk berbisnis. Satu akun maksimal
hanya bisa berteman dengan 5.000 orang.
Memisahkan konten bisnis dan konten personal.
Banyak penjual yang tidak mau repot
membuat fanpage dagangnya, sehingga mencampuradukkan informasi produk
dalam akun Facebook personal yang dimilikinya. Fanpage membuat penjual
memisahkan antara konten untuk berbisnis dan konten kehidupan pribadinya.
Terindeks search engine.
Fanpage
Facebook sudah terindeks atau terdaftar dalam search engine. Oleh karena
itu, merek bisnis yang memiliki fanpage akan lebih mudah ditemukan dalam
search engine oleh buyer.
Siapapun bisa men-tag.
Dengan membuat fanpage, semua pengguna
Facebook bisa men-tag merek bisnis milik penjual. Hal ini tidak
bisa dilakukan jika penjual menggunakan akun Facebook. Hanya orang-orang
yang berteman dengan akun itulah yang bisa men-tag merek bisnis penjual.
Kesan profesional.
Penjual yang memiliki fanpage akan
menimbulkan kesan profesional, ketimbang penjual yang menggunakan akun
untuk berbisnis. Banyak pengguna Facebook yang malas berteman dengan akun merek
bisnis. Maka dari itu, penjual lebih baik membuat fanpage
daripada akun untuk dagangnya.
Tampil di newsfeed milik buyer.
Semua posting yang dilakukan penjual
melalui fanpage akan muncul dalam newsfeed. Buyer hanya perlu
nge-like sebuah fanpage dan untuk seterusnya, ia akan mendapatkan
up-date setiap posting yang dilakukan penjual melalui fanpage-nya.
Inilah yang disebut dengan newsfeed marketing, yaitu pemasaran produk penjual
melalui newsfeed milik buyer.
Fitur check-in.
Pengguna Facebook bisa men-tag merek
bisnis yang memiliki fanpage, saat mereka hendak check-in di
lokasi tertentu. Hal ini tidak bisa dilakukan jika penjual menggunakan
akun Facebook untuk merek dagangnya.
Namun tidak hanya penjual online yang menggunakan
fanpage sebagai sarana informasi. Saat
ini, banyak sekali para marketer menggunakan salah satu feature facebook yang disebut
fan page. Fanpage ini
dirasa memiliki manfaat yang lebih ketimbang hanya dalam bentuk profile
account. Ada beberapa keuntungan feature fan page facebook :
Pertama, Tingkat visibilitas yang lebih besar dan terkoneksi ke pasar potensial yang juga jauh lebih besar. Jika kita hanya menggunakan akun facebook, kita hanya maksimum 5000 orang pertemanan, namun dengan satu fan page facebook kita bisa menjaring koneksi tak terbatas. Ratusan ribu bahkan jutaan.
Kedua, Mendatangkan
traffik ke blog atau website. Setiap kita posting di blog atau web, kita
bisa secara otomatis auto post juga ke fan page facebook kita,
sehingga peluang traffik kunjungan dari follower atau liker fan
page jauh lebih besar.
Ketiga, Membina tali silaturahmi relasi. Setiap update di blog atau web, infonya akan lebih cepat sampe ke klien atau konsumen kita. Ini memungkinkan terjadinya reorder atau repeatation pembelian karena kita selalu keep in touch dengan mereka.
Nah, apapun profesi kita..
Jika berhubungan dengan dunia maya, maka fanpage
ini tidak bisa untuk tidak di miliki. Tapi jangan salah ya...
karena di Facebook juga ada Facbook group. Mau tahu apa perbedaan Facebook fanpage dengan facebook group. Coba lihat pada Perbedaan Facebook fanpage dengan Facebook Group.
karena di Facebook juga ada Facbook group. Mau tahu apa perbedaan Facebook fanpage dengan facebook group. Coba lihat pada Perbedaan Facebook fanpage dengan Facebook Group.
4 komentar
mantap nih reviewnya..
saya juga pakek facebook fanspage :)
fanpage yang memiliki liker aktif dan tertarget memang dapat jadi sarana beriklan dengan baik. dan kini sudah banyak jasa Like Facebook Fanpage Murah Tertarget
- _-
Post a Comment