Contoh Berbagai Cyber Crime di Facebook

Eren Blog Reply 6:32:00 AM
Dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna facebook, maka ada banyak yang memanfaatkan situs facebook ini untuk berbagai tujuan.

Tidak banyak orang yang menggunakan facebook, tetapi ia mengerti apa resiko yang ada didalamnya. Bahkan banyak pengguna hanya melihat sisi 'Fun' nya.

Berikut ini beberapa bentuk kejahatan yang seringkali menjadi modus tindak kejahatan dunia maya (Cyber Crime) di Facebook.
Contoh berbagai Cyber Crime di Facebook

Mengambil alih akun facebook orang lain

Kasus ini pernah menjadi issu panas yang beredar. Bahkan ada beberapa akun pejabat dan artis yang menjadi korbannya. Setelah mengambil alih akun tersebut, mereka menyebarkan informasi atau aplikasi palsu untuk menipu teman - teman dari korban tersebut.

Menggunakan Identitas Palsu

Kasus ini bahkan sering didengar di Internet, dimana sebagian korbannya adalah wanita. Pelaku mendaftar akun facebook dengan menggunakan identitas palsu termasuk foto - fotonya. Mereka ada yang menyamar menjadi pilot, tentara, atau pengacara. Mereka kemudian melancarkan serangan dengan memberikan rayuan gombal kepada korban hingga terbuai dan percaya begitu saja.. Dalam beberapa kasus, korban mengalami pelecehan seksual, bahkan pemerkosaan, atau penipuan uang.


Penipuan Dengan Menggunakan Aplikasi Palsu

Tidak semua aplikasi tambahan yang ada di facebook dapat dipercayai begitu saja. Salah satu aplikasi palsu yang pernah menjadi trend, yaitu aplikasi yang menawarkan pengguna facebook untuk bisa mengetahui siapa saja yang melihat profilnya. Untuk menggunakan aplikasi tersebut pengguna biasanya diminta untuk mengizinkan aplikasi tersebut mengakses data pribadi mereka. Dengan cara demikian, pelaku cyber crime bisa dengan leluasa mengakses seluruh informasi pengguna termasuk paswordnya.

Demikianlah Contoh Cyber Crime Di Facebook. Jadi hati - hatilah dalam menggunakan akun facebook.

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

Info Event Terbaru