Tips Aman Dalam Menggunakan Facebook

Eren Blog Reply 1:30:00 AM
Facebook adalah jejaring sosial yang muncul pada tahun 2007 yang telah memiliki member begitu banyak dan beragam mulai dari anak sekolah, mahasiswa, ibu rumah tangga, pedagang kaki lima, pejabat, pengusaha, blogger, menteri, sampai presiden menggunakan facebook sebagai media untuk menjalin pertemanan, relasi bisnis, ataupun sebagai ajang kampanye pemilu.

Namun keberadaan facebook juga telah banyak dimanfaatkan untuk sesuatu yang kurang terpuji. Berikut ini adalah beberapa tips aman dalam menggunakan facebook:
    Tips Aman Menggunakan Facebook
  1. Jangan terlalu berlebihan dalam menampilkan informasi profil anda. Data-data pribadi yang sifatnya sensitif seperti nomor HP atau data lain sebaiknya tidak ditampilkan.
  2. Jangan memasang foto-foto yang sifatnya pribadi, misalnya foto keluarga atau foto pribadi anda yang tidak pantas dilihat oleh publik. Jangan mengumbar informasi pribadi secara berlebihan hanya untuk membuat sensasi atau ingin jadi populer, karena ini bisa menjadi boomerang bagi anda.
  3. Jangan mudah memberikan konfirmasi atau melakukan approve pada profile yang tidak anda kenal. Sebaiknya kirim pertanyaan melalui pesan, apakah anda dan dia saling kenal. kalau ragu abaikan saja.
  4. Ganti password akun secara berkala, sekaligus password email untuk facebook anda.
  5. Optimalkan pengaturan pada bagian Privacy setting, ciptakan kondisi yang membatasi siapa saja yang berhak melihat profile anda secara menyeluruh.
  6. Facebook kaya dengan fitur aplikasi online, seperti quiz, game, dan lain sebagainya. Jangan mudah percaya dengan link yang diberikan oleh profile lain, meskipun itu berupa invitation untuk bergabung dalam sebuah aplikasi online milik facebook.
  7. Berhati-hati dengan profile palsu. Tidak menutup kemungkinan ada pengguna yang sengaja membuat profile palsu dengan tujuan untuk melakukan penipuan atau maksud jahat lainnya melalui facebook
Demikianlah Tips Aman dalam menggunakan facebook. Baca juga pemanfaatan facebook untuk dunia pendidikan.

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

Info Event Terbaru